SOCIAL MAPPING

SOCIAL MAPPING adalah Proses penggambaran masyarakat yang sistematik serta melibatkan pengumpulan data dan informasi mengenai masyarakat termasuk di dalamnya profile dan masalah sosial yang ada pada masyarakat tersebut.

Mengapa perlu dilakukan social mapping mari kita pahami bahwasanya kepentingan suatu perusahaan atau suatu lembaga untuk
• Paham Karakeristik masyarakat yang akan dibina
• Tahu potensi dan masalah masyarakat sasaran.
• Mengetahui kebutuhan masyarakat
• Sebagai dasar penentuan program agar tepat guna

Social mapping sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan tahu data apa yang akan dicari dan bagaimana mencarinya. Serta kemampuan komunikasi dan menggali data di lapangan. Untuk itu di pecahkan menjadi dua bentuk
– INTERNAL
Social mapping yang dilakukan oleh pihak bagian dari lembaga itu sendiri. diantaranya oleh :
1. PERSON IN CHARGE (PIC)
2. COMMUNITY DEVELOPMENT OFFICER
3. PETUGAS LAPANGAN

– INDEPENDENT
Social mapping yang dilakukan oleh pihak diluar dari lembaga itu sendiri . diantaranya oleh :
1. AKADEMISI
2. LSM
3. LEMBAGA PENELITIAN

Berikut ada beberapa Langkah cepat memulai social mapping, yakni :
1. Tentukan wilayah sasaran
Dengan memetakan luas wilayah jaungkauan dll akan lebih baik lagi disertakan gambar
2. Dekati & Jalin komunikasi
Tentukan perserta komunikasi terkait sebagai contoh untuk informasi secara keseluruhan pada forum ibu-ibu arisan, perkumpulan karang taruna dll
3. Kumpulkan data
Beberapa cara pengumpulan data Social mapping sebaiknya dilakukan sebelum penentuan program Data utama yang mesti dikumpulkan
a. DEMOGRAFI
Statistik mengenai komposisi penduduk (jenis kelamin, ketenagakerjaan , tingkat kemiskinan, tingkat pendidikan, tingkat kesejahteraan dsb)
b. SOSIAL,EKO. BUDAYA
Norma & nilai masyarakat,struktur masyarakat, hubungan sosial, mobilitas sosial, kepemimpinan masyarakat, adat istiadat & kebiasaan, sejarah
c. GEOGRAFIS
Lokasi masyarakat, lokasi-lokasi fasilitas, akses jalan, penggunaan lahan, dan aspek geografis lainnya
d. POTENSI
Potensi yang berada dalam masyarakat yang mungkin bisa dikembangkan
e. MASALAH
Persoalan-persoalan yang menjadi kendala atau sering muncul sehingga menjadi penghambat berkembangnya masyarakat
4. Laporan& Rekomendasi Program
Sesuaikan kebutuhan dengan melakukan infomasi yang baik antara kedua belah pihak yakni pihak masyarakat / tokoh masyarakat dan lembaga itu sendiri agar rekomendasi tersebut dapat tercapai dengan baik.

Berikut contoh pelaporan data yang telah dilaksanakan
Unit usaha masyarakat merupakan jantung dari roda perekonomian bangsa Indonesia hingga saat ini. Salah satu urat nadinya yang berada pada Kelurahan Labuh Baru Barat Kecamatan Payung Sekakih tepatnya di RW 008. Berbagai usaha yang dimiliki penduduk terletak berdekatan dengan lingkungan lokasi PT United Tractor cabang Pekanbaru Tidak hanya dapat meningkatkan pendapatan daerah kota pekanbaru tetapi juga yang lebih penting adalah peningkatan pendapatan keluarga yang berujung pada kesejaterahaan bangsa.
Namun demikian, potensi besar tersebut belum seluruhnya mengangkat tingkat pendapatan usaha masyarakat karena dinilai para usahawan memiliki pola usaha/ dagang dengan cara perorangan maupun keluarga dibandingkan secara berkelompok sehingga memiliki tantangan kendala-kendala yang spesifik semisal modal, keahlian, kesehatan, gender dll.
Saat ini, nilai kekeluargaan didalam masyarakat yang kuat yang ditandai dengan adanya kelompok pembangunan masyarakat seperti perkumpulan arisan ibu-ibu, koperasi rukun warga, dll. Merupakan pondasi yang kuat untuk dapat mengembangakan masyarakat. Sejalan dengan program IGA (Income General Activity).Program Sosial kemasyarakatan yang dimiliki oleh PT UNITED TRACTORS Cabang Pekanbaru yang telah berkerjasama dengan UNIT KOPERASI PKK RW 08 untuk mengembangkan usaha pemasukan koperasi melalui pinjaman dana kepada anggota koperasi masyarakat yang digunakan untuk menambah modal usaha kemudian pengembalian/pembayaran pinjaman dengan bunga terjangkau yang masuk kedalam kas keuangan koperasi dan pengembalian modal awal kembali pada perusahaan.
Program IGA yang telah belangsung mulai September 2010 yang berproject pada warung kelontong (pangan), Usaha Gorengan & Usaha Es Tebu telah berjalan dengan baik diantaranya telah mengembangankan pendapatan/ pemasukan keluarga hingga pengembangan pasar. Diharapkan bahwa Multiplier effect dari pengembangan usaha pada area sekitar PT United Tractors cabang Pekanbaru adalah peningkatan jumlah penyerapan tenaga kerja dan tumbuhnya peluang usaha bahkan industri kecil yang berbasis masyarakat namun hal ini, belum dapat terwujud dikarenakan masih kurangnya modal/ keuangan koperasi untuk memutar pinjaman keuangan guna pengembangan usaha secara bersama kepada anggotanya.
Berdasarkan permasalahan tersebut dan proses IGA yang telah berjalan, maka perlu PT UNITED TRACTORS Cabang PEKAN BARU Bersama UNIT KOPERASI PKK RW 08 berupaya untuk melakukan peningkatan nilai tambah kesejaterahaan setiap anggotanya, sehingga perlahan-lahan dan terencana akan meningkatkan pendapatan usaha anggota yang berada di dalam naunngannya secara bekelanjutan.

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah:
a. Merealisasikan wujud tanggung jawab sosial masyarakat PT. United Tractors cabang Pekanbaru dalam bentuk pengembangan perekonomian kelompok & masyarakat dikelurahaan Labuh Baru Barat.
b. Memberikan kesempatan pengembangan usaha sesuai dengan keinginan & keahlian keluarga dalam memperolah hasil.
c. Memberikan kesempatan kepada keluarga & koperasi untuk mengelola dan melakukan pengembangan usaha secara mandiri.
d. Meningkatkan perekonomian unit usaha di dalam kelompok masyarakat dalam memperoleh pendapatan.

MASYARAKAT
Unit usaha kecil bagian dari kegiatan masyarakat, merupakan jantung dari roda perekonomian yang berada pada Keluraaan Labuh Baru Barat Kecamatan Payung Sekakih tepatnya di RW 008. Kelompok rukun warga 08 yang termasuk dalam lingkungan yang mendekati PT United Tractor cabang Pekanbaru. Namun secara keseluruhan bahwa dapat diketahui melalui data statistik jumlah penduduk menurut jenis pekerjaan pada kecematan payung sekakih kelurahaan labuh baru barat pada bulan januari 2011, Sebagai berikut :

Dari data tersebut hingga Januari 2011 bahwa jumlah kategori tenaga kerja total dikurangi dengan tenaga tidak bekerja seperti kategori tidak berkerja & pelajar/ mahasiswa serta ibu rumah tangga berjumlah 45,1 % yakni 781 orang dan kategori usaha wirausaha seperti Pedagang, Buruh, Buruh lepas, Petani, Tukang cukur, Tukang batu, Mekanik, Sopir serta Wirausaha berjumlah 54,9 % yakni 948 orang. sehingga diketahui jumlah prosentase pekerja merupakan prosentase terbanyak. Dengan peluang masyarakat yang telah berwira usaha berjumlah 16,3% yakni 282 orang.
Sehingga diketahui peluang Multiplier effect dari upaya pengembangan usaha dari sektor wirausaha pada area sekitar PT United Tractors cabang Pekanbaru berupa peningkatan jumlah penyerapan tenaga kerja dan tumbuhnya peluang usaha bahkan industri kecil yang berbasis masyarakat dapat berkembang.

POLA KEHIDUPAN
Sekiranya masyarakat memiliki jadwal pola kehidupan yang terdapat dikelurahaan dikhususkan RW08, sebagai berikut:

KATEGORI POLA KEGIATAN > Tabel jadwal pola kegiatan masyarakat harian
Dari jadwal pola kehidupan yang terdapat dikelurahaan diatas diketahui bahwa kondisi ini umum terjadi dikehidupan pada tinggkat perkotaan sehingga memungkinkan peluang pengembangan usaha/ dagang dapat terjadi untuk meningkatkan pemasukan keuangan keluarga.

KOMUNIKASI KOPERASI.
Masyarakat Kelurahaan Labuh Baru Barat khususnya pada RW.008 yang berdekatan dengan PT United Tractors cabang Pekanbaru sebagian besar masyarakatnya termasuk ke dalam anggota kelompok koperasi yang dijalankan oleh setiap Rukun Rumah Tangga. Namun untuk kegiatan yang bersifat keseluruhan/ masyarakat banyak maka masing-masing pengurus koperasi yang dapat berupa tokoh masyarakat, Istri RT maupun perwakilan RT memusyawarahkan secara bersama-sama. Maka dapat dijabarkan melalui flow chart berikut :
a. Hubungan Kemasyarakatan Anggota Koperasi.
b. Kerjasama IGA PT United Tractors dengan KOPERASI PKK RW 08

PENGAWASAN
RINCIAN KEPERLUAN
ESTIMASI PENDAPATAN & PEMBAYARAN
Dan seterusnya….selamat mengembangkan lagi

Pertanyaan selanjutnya bagaimana kita bisa memperoleh datasebgai contoh kita dapat memperoleh data tersebut melalui cara pengumpulan data sebagai berikut diantaranya :
A. Data sekunder
Data monografi desa & hasil survey, dapat diperoleh melalui institusi pemerintah setempat atau biro pusat statistik
B. Wawancara & observasi
Wawancara mendalam bisa dilakukan kepada tokoh-tokoh kunci dalam masyarakat maupun warga pada umumnya
C. FGD
FGD adalah metode penggalian data dengan cara mengumpulkan informan yang dinilai penting untuk mendiskusikan topik mengenai kondisi masyarakat.
D. SURVEY
Survey bisa dilakukan untuk melakukan gambaran yang lebih detail dan lebih luas. karena survey biasanya memiliki informan yang lebih banyak.

5 thoughts on “SOCIAL MAPPING

  1. menarik juga masukannya (trims) memang perlu pembanding demografi keseluruhan penduduk sih.
    jadi klo kamu minta keseluruhannya saya belum dapatkan karena kebutuhan saya, buat melihat tenaga produktif kerja.
    mungkin bisa coba minta bantu ke pihak kelurahan payung sekakih/ pihak kelurahaan langsung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s