security

berikut hasil pencarian untuk menambah ilmu pengamanan di area aye.. dari eyang google.
mudah2 bermamfaat

JANJI SATPAM
1. Setia dan menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945
2. Memegang teguh disiplin, patuh dan taat kepada pimpinan, serta berani bertanggung jawab terhadap setiap pelaksanaan tugas
3. Menjaga kehormatan diri dan menjunjung tinggi kehormatan Satuan Pengamanan
4. Memelihara kesatuan dan persatuan Satuan Pengamanan, serta aparat keamanan lainnya.
5. Senantiasa memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kemampuan tugas, demi tercapainya keamanan lingkungan.

—00OO00—
PRINSIP PENUNTUN TUGAS SATPAM
1. Kami anggota Satuan Pengamanan memegang teguh disiplin, patu dan taat pada pimpinan, jujur dan bertanggung jawab.
2. Kami anggota Satuan Pengamanan senantiasa menjaga kehormatan diri dan menjunjung tinggi kehormatan Satuan Pengamanan.
3. Kami anggota Satuan Pengamanan senantiasa waspada melaksanakan tugas sebagai pengaman dan penertib di lingkungan kerja.
4. Kami anggota Satuan Pengamanan senantiasa bersikap open, tidak menganggap remeh sesuatu yang terjadi di lingkungan kerja.
5. Kami anggota Satuan Pengamanan adalah petugas yang tangguh dan senantiasa bersikap etis dalam menegakkan peraturan.

—00OO00—
AZAS SEKURITI
Abdi utama dari pada perusahaan
Tenaga utama dari pada perusahaan
Kewajiban menjaga tertib masyarakat

—00OO00—
AZAS KEPEMIMPINAN SEKURITI
1. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan taat kepada-Nya.
2. Memberi suri-tauladan dihadapan anak-buah.
3. Ikut bergiat serta menggugah semangat ditengah-tengah anak buah
4. Mempengaruhi dan membuat dorongan dari belakang kepada anak buah.
5. Selalu waspada, mengawasi serta sanggup dan berani memberi koreksi kepada anak buah.
6. Dapat memilih dengan tepat mana yang harus didahulukan.
7. Tingkah laku yang sederhana dan tidak berlebih-lebihan.
8. Bersikap loyal yang timbal balik, dari atasan terhadap bawahan, dari bawahan terhadap atasan dan kesamping.
9. Kesadaran dan kemampuan untuk membatasi penggunaan dan pengeluaran segala sesuatu kepada yang benar-benar diperlukan.
10. Kemauan, kerelaan dan keberanian untuk mempertanggung-jawabkan tindakan-tindakannya.
11. Kemauan, kerelaan dan keikhlasan untuk pada saatnya menyerahkan tanggung jawab dan kedudukannya kepada Generasi berikutnya.

TERMINOLOGI
SATPAM: singkatan dari Satuan Pengamanan, adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya. Lembaga satuan pengamanan secara resmi dibentuk pada 30 Desember 1980 melalui surat keputusan Kepala Kepolisian Republik Indonesia NO.POL.: SKEP/125/XII/1980 tentang Pola Pembinaan SATPAM. Dalam pelaksanaan tugasnya, anggota Satpam berperan sebagai Unsur Pembantu Pimpinan institusi/proyek/badan usaha di bidang keamanan dan ketertiban lingkungan kerja dan unsur pembantu Kepolisian di bidang penegakan hukum dan kewaspadaan keamanan di lingkungan kerjanya. Adapun seorang personil SATPAM harus mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar wajib (GADA PRATAMA). Lama pelatihan empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran. Jika seorang anggota SATPAM ingin mengembangkan kariernya, maka ia harus mengikuti pelatihan GADA MADYA (supervisor) dan GADA UTAMA (manager). Berdasarkan SKEP/109/XI/2002, nama SEKURITI Dipergunakan sebagai pengganti kata SATPAM di pita baju petugas sekuriti.

-0OO0-
AMSI: Asosiasi Manager Security Indonesia. Berdiri pada 9 Juli 2001. Memiliki kurang lebih 200 anggota dengan Badan Pengurus Daerah di 19 kewilayah Kepolisian Daerah (Polda). Ketua Umum BPP AMSI adalah A. Azis Said, SE. Sekretariat BPP AMSI berada di Gedung Astra Internasional, Jakarta Utara.

-oOOo-
ABUJAPI: Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia. Informasi mengenai asosiasi ini dapat dilihat di http://www.abujapi.org

-oOOo-
APJATIN: Asosiasi Perusahaan Jasa Angkut Uang Tunai dan Benda Berharga Indonesia. Sebuah organisasi yang beranggotakan 29 perusahaan yang memberikan pelayanan jasa Cash in Transit dan pengantaran benda berharga. Klien utama dari 29 perusahaan ini adalah Bank dan perusahaan jasa keuangan lainnya. Ketua APJATIN adalah Alexander Lasamahu.

-oOOo-
CPTED: Crime Prevention Through Environmental Design. Secara harafiah diterjemahkan sebagai Pencegahan Kejahatan Dengan Desain Lingkungan, dengan mendesain akses masuk/keluar, desain bangunan, desain pengawasan, dan regulasi pengamanan di sebuah lingkungan.

-oOOo-
SMP: Sistem Manajemen Pengamanan. Diatur dalam Peraturan Kapolri No. 24/2007.

-oOOo-
ASZIL: Ada kawasan industri di Lhokseumawe yang dikelola oleh 5 perusahaan besar pada tahun 1980-an. Kelima perusahaan ini adalah PT Arun NGL, Mobil Oil Indonesia Inc., PT Pupuk Iskandar Muda, PT ASEAN Aceh fertilizer, dan PT Kertas Kraft Aceh. Lima Security Managers dari kelima perusahaan ini pada tahun 1989 membentuk Asosiasi Security Zona Industri Lhokseumawe, yang disingkat ASZIL. Pada tahun 1995, Kapolda Aceh meminta ASZIL untuk bergabung dengan Asosiasi Profesi Sekuriti Swakarsa Indonesia.

-oOOo-
APSSI: Asosiasi Profesi Sekuriti Swakarsa Indonesia dibentuk pada 4 Juli 1992 oleh Mayjend. (Pol) Sutjipno. Dua tahun setelah didirikan, APSSI menggelar MUNAS pada 22 November 1994 di Jakarta. Akan tetapi, keberadaan APSSI tidak bertahan lama. Tidak ada aktivitas yang diselenggarakan oleh APSSI hingga akhirnya lahir AMSI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s