MENGENAL DIRI SENDIRI

MENGENAL DIRI SENDIRI
oleh INSPIRASI SUKSES pada 06 Oktober 2011 jam 16:52

Setiap manusia unik. Manusia memiliki temperamen dasar; koleris, sanguinis, melankolis dan pleqmatis. Menurut saya, temperamen dasar bukanlah kesimpulan, tapi alat diagnosa untuk mengenal diri sendiri dan mengenal orang lain dengan lebih baik dan dengan demikian kita bisa bersikap dengan tepat, baik untuk diri sendiri atau orang lain. Mengenal kelemahan dan secara sadar melatih diri.

1. Sanguinis, yang Bahagia

Kelebihan: Orang sanguinis umumnya periang, banyak bicara, ramah, bersemangat, suka bergaul, bersahabat, mudah percaya dengan orang lain, optimis, dan yang sangat menonjol berbelas kasihan (baik hati), murah hati, cenderung untuk tulus dan murni serta mudah mengampuni (karena pelupa).

Kekurangan: Orang sanguinis memiliki kekurangan; kemauan lemah, tidak disiplin, tidak teratur, gelisah, berlebih-lebihan, pelupa dan tidak dapat diandalkan. Bergerak dulu berpikir belakangan. Tidak teliti dan lemah dalam hal angka-angka. Emosi tidak stabil, mudah mengebu-gebu dan mudah patah semangat, mudah janji dan ingkar lagi. Boros.

Pekerjaan yang sesuai: Aktor, karena orang sanguinis suka tampil. Pedagang karena dia bergaul luas dan memiliki ‘insting’ penerobos yang luar biasa. Pembicara karena dia orang yang praktis, riang dan cenderung lucu. Marketing dan promosi, event organizer adalah bidang yang bisa disukai orang sanguinis. Jauhi accounting itu akan membuat orang sanguinis stress.

2. Melankolis, yang Teliti

Kelebihan: Melankolis berbakat, cermat, peka dan cenderung lembut hatinya, perfeksionist (mau semua sesuai peraturan, bahkan mengejar kesempurnaan). Melankolis suka keindahan, idealis dan setia serta rela berkorban.

Kekurangan: Melankolis orang yang cenderung pemurung, menilai negatif, teoritis, tidak ramah, egosentris, suka mencela, kaku bahkan pendendam.

Pekerjaan yang sesuai: Seniman, Accounting, Musisi, Pencipta, Ahli Filsafat dan Maha Guru. Orang Melankolis juga banyak yang menjadi penulis buku. Cocok menjadi anggota Dewan, penyusun peraturan, menyusun undang-undang. Di Perusahaan tepat menjadi orang yang membuat SOP (Standar Operating Prosedure).

3. Koleris, sang Pemimpin

Kelebihan: Koleris berkemauan kuat, komitmen tinggi, berjiwa bebas dan sangat atau super optimis karena percaya diri luar biasa. Koleris tekun, ulet, gigih, berbakat memimpin, suka memimpin. Koleris yakin (percaya diri) dan produktif.

Kekurangan: Orang koleris akan terkesan kasar (sarkastis) menguasai atau mendominasi orang lain, berbicara dengan nada seperti memerintah atau menekan. Koleris mudah marah, acuh tak acuh dengan perasaan dan kebutuhan orang lain. Koleris berbangga diri (puas diri) , tak berperasaan bahkan bisa licik atau lalim.

Pekerjaan yang sesuai: Pemimpin, Pemborong dan Produsen. Koleris dengan kemauan kuatnya serta mendominasi, akan menjadi pemimpin yang tangguh. Sebagai kepala proyek, pemborong akan mengejar target pencapaian dengan gigih dan bisa memerintah anak buah dengan tegas. Koleris orang yang bisa diandalkan.

4. Pleqmatis, yang Setia

Kelebihan: Pleqmatis seorang follower yang setia, maka dia seorang yang dapat diandalkan menjadi ‘tangan kanan’, anak buah yang loyal dan tekun. Pleqmatis lemah lembut dan tenang, emosinya stabil karenanya orang pleqmatis biasanya juga details dan produktif. Tidak romantis tetapi setia.

Pleqmatis orang yang praktis, lain dengan melankolis yang teoritis. Pleqmatis juga memiliki bakat memimpin, berbicara diplomatis (karena tenang dan stabil emosinya) serta memiliki rasa humor yang cukup walau tidak setinggi sanguinis.

Kekurangan: Orang Pleqmatis kikir/pelit, penakut, pesimis, bertindak sebagai penonton bukan pelaku (sanguinis dan koleris tipe pemain dan melankolis tipe penilai). Pleqmatis cenderung melindungi diri sendiri, jika ada masalah, dia akan segera mencari bukti, mencari argumen bahwa dirinya benar, atau sembunyi (dalam bentuk diam) untuk melindungi diri.

Pleqmatis tidak memiliki motivasi yang kuat, dia seorang pengikut/ follower. Dia tidak suka tampil di panggung, suka bekerja ‘dibelakang layar’.

Pekerjaan yang sesuai: Akuntan, Ahli Teknik, Diplomat, Guru.

Di Perusahaan, pleqmatis bisa menjadi seorang GM (General Manager) atau Direktur Operasi yang setia bertahun-tahun tidak pindah kerja, bisa memimpin dengan baik, bisa diandalkan dan loyal. Pleqmatis juga bendahara yang mengelola dengan baik. Jika pemimpin dan wakil sama-sama sanguinis yang suka tampil, kadang terjadi persaingan diantara mereka sendiri dan membawa perpecahan.

Dengan mengenal diri sendiri, kelemahan dan kelebihan diri sendiri, akan membangun kesadaran untuk melatih diri dalam bidang kehidupan yang paling kuat ia miliki, sehingga membuatnya semakin ahli di bidangnya dan memungkinkan ia meraih keberhasilan yang maksimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s