Loksado

Loksado. Kata-kata yang teringat di pikiran saya Do..do…..OMG, ternyata tempat yang pernah saya datangi kala itu ditahun 2008 dengan sepeda motor, Tempat yang menjadi destinasi cerita pertama yang sudah lama tidak di tulis. Kembali saya serasa dejavu ketika memasuki dan teringat jalan aspal halus yang meliku-liku menanjak bersama istri ketika survey untuk sebuah kegiatan.

Loksado terdapat sebuah desa yang sangat terpencil dan menjanjikan keindahan alam dengan nuansa perbukitan. Desa ini bernama Loksado, Kandangan, Ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Perasaan udara bersih, pemandangan hijau, udara yang sejuk dan sapa ramah kesan yang timbul ketika memasuki wilayah ini. Desa Loksado.

Demikian nama tempat yang terdengar hingga mancanegara dengan wisata Bamboo Rafting ini. Tak sulit untuk mencapai tempat ini. Dengan jarak tempuh + 300Km perjalanan melalui jalan darat dengan menggunakan kendaraan roda empat untuk sampai di lokasi sekitar tiga jam bila anda bertolak dari Bandar Udara Syamsudin Noor, Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

Desa Lokasado yang terletak di Kab. Hulu Sungai Selatan ini menjadi tempat tinggal bagi suku Dayak yang masih berpegang teguh pada adat dan istiadat leluhur. Berkunjung ke Loksado, maka kamu akan secara langsung ikut menjelajahi jantung pegunungan Meratus. Setelah itu bersiaplah untuk menemui  keindahan panorama dari hutan tropis yang memukau. Juga hiasan dari guyuran air terjun serta aliran sungai yang nampak kokoh membelah jalur perjalanan.

Kawasan wisata loksado memang menjadi tempat wisata idaman bagi penyuka jalan-jalan, banyak kegiatan dan banyak kawasan wisata dilokasi ini yang belum saya  kunjungi seperti : kemping dilokasi kemping, pendakian gunung halau-halau, pemandian air panas dan lain-lain. Mungkin di lain kesempatan rezeki sehat, waktu dan biaya membuat saya bisa ke tempat ini lagi.

Selain kegiatan diatas, yang tidak kalah mengasyikan adalah pecinta olahraga adrenalin di sungai amandit yakni aktifitas bamboo rafting atau aktifitas arung jeram dengan menggunakan rakit bambu di beberapa titik jeram deras yang terdapat di sungai ini. Sambil menikmati lingkungan alam pada malam hari di pinggiran sungai yang bersih dan diantara bukit merantus yang terlihat  membuat seru petualangan jika dilakukan bersama-sama.

Pada saat melakukan kegiatan rafting dengan rakit bambu di sungai amandit, kamu akan juga dimanjakan dengan keindahan alam sekitar objek wisata sungai amandit ini. Pepohonan hijau yang lebat di hutan hujan tropis yang merupakan ciri khas dari Kalimantan bisa terlihat begitu indah. Belum lagi suara percikan air sungai yang akan menemani sepanjang perjalanan. Semua ini bisa menambah eksotisme keindahan alam disekitar sungai Amandit.

Menikmati kesejukan dan keseruan sungai amandit di loksado, berenang mengapung dengan pelampung, di perhentian terakhir minum air buah kelapa muda disertai pisang goreng panas di saat rintik hujan…emmm… malam harinya dapat di isi dengan api unggun dan makan dengan ikan/ ayam bakar di pinggir dungai dengan bulan yang terang menemani asap bakaran dan sapa hangat teman-teman… merupakan salah satu keseruan wisata di lokasi Loksado. Kalimantan selatan. Asyik..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s